Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah


Cara membasmi rayap di plafon rumah dengan mudah adalah hal yang sangat penting karena rayap adalah musuh rangka rumah yang terbuat dari kayu. Rayap akan memakan peralatan dan rangka rumah dari kayu sampai rusak dan Anda tidak dapat menggunakannya lagi.

Untungnya masih ada cara membasmi rayap dengan bahan alami yang aman untuk kesehatan. Ada banyak alasan mengapa kita mengusir dan memberantas rayap, beberapa di antaranya adalah :

Mencegah kerusakan furnitur
Furnitur yang terbuat dari kayu sangat rentan diserang rayap. Karena itu, produsen furnitur biasanya memiliki cara khusus untuk membuat produk tersebut tahan rayap. Biasanya mereka menggunakan obat anti rayap khusus.

Mencegah kerusakan rumah
Rumah yang telah diserang oleh rayap maka bisa membuat penghuni rumah diincar bahaya, terutama kalau si rayap memakan struktur bangunan dan menyebabkan kayu berpori keropos, dapat membuat warga terancam karena bangunan tersebut dapat runtuh setiap saat.

Mencegah menghabiskan lebih banyak uang
Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat rayap seperti rumah-rumah ambruk, perabotan rusak, dan menyebabkan penyakit maka Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk membeli perabotan baru, biaya rumah sakit, atau merenovasi rumah.

Mencegah penyakit
Kehadiran rayap atau serangga lain tentu akan membuat penghuni rumah bisa diserang oleh beberapa penyakit seperti ruam kulit jika digigit. Selain itu, serangga seperti tungau juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Selain itu, keberadaan serangga atau rayap dapat berbahaya bagi makanan karena kotoran, urin, dan zat berbahaya lainnya dapat mencemari makanan.


Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah dengan Cara Alami dan Cepat

Berikut ini adalah cara membasmi rayap secara alami, yang lebih ekonomis daripada membeli obat khusus pembasmi rayap

Minyak tanah
Minyak tanah juga kuat untuk mengusir rayap. Caranya dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu plafon yang dimakan rayap atau di sarangnya.

Air kapur sirih
Kapur panas ini akan sangat cepat menghilangkan rayap karena kulit rayap yang lunak dan tipis akan terkena panas dari kapur. Semprot atau tuangkan air dari kapur sirih pada kayu plafon yang diserang oleh rayap atau di sarang rayap.

Air cucian beras
Tak disangka kalau air bekas cucian beras yang biasa kita dibuang, ternyatu eh ternyata dapat bermanfaat untuk membasmi rayap. Caranya gimana ? Gampang, cukup dengan memercikkan air bekas cucian beras ke sekeliling sarang rayap.

Garam
Obat anti rayap berikutnya adalah garam dapur. Taburkan garam di sekitar sarang rayap, tetapi cara ini kurang efektif karena garam hanya ada di permukaan saja. Akan lebih efektif jika garam pertama dicairkan menggunakan air dan menambahkan tembakau. Setelah mencampur, diamkan selama satu malam kemudian semprotkan cairan ke tempat rayap bersarang.

Tembakau
Khasiat tembakau akan lebih efektif jika direndam dengan air dan kemudian didiamkan selama satu malam. Perendaman selama satu malam berguna untuk mengeluarkan semua aroma tembakau. Setelah itu, semprotkan air tembakau ke sarang rayap atau kayu plafon yang diserang rayap.

Selain bahan alami, Anda juga bisa membeli obat anti rayap yang banyak beredar di pasaran. Untuk cara pembasmiannya, Anda bisa melakukan trik berikut.

Menggunakan umpan rayap
Ini adalah metode yang paling cocok bagi Anda yang suka go-green dan tidak ingin menyentuh atau mencium bau kimianya sama sekali. Umpan ini banyak dijual di pasaran. Umpan rayap ada 2 jenis, yaitu umpan dalam ruangan dan umpan luar.

Cara menggunakan umpan dalam ruangan adalah memasang umpan di dinding atau di plafon dekat jalur kotoran rayap itu sendiri. Gunakan ujung ganda tebal (yang merupakan warna hijau-hitam) untuk menjaga umpan lengket dengan dinding rumah. Kemudian tunggu hasilnya 1-2 minggu kemudian, rayap akan memakan umpan dan membawa umpan ke koloni sampai ratu, dan mereka semua mati.

Itulah cara praktis membasmi, menghilangkan dan mengusir rayap tanah secara alami di plafon, kusen pintu dengan obat rayap semprot alami dan kimia. Baca juga : cara menghilangkan rayap di tembok.

Sumber :
http://cara-wanita.com/2015/03/cara-membasmi-rayap-di-plafon-rumah.html


Tag : membasmi rayap, plafon rumah
Back To Top