Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu


Informasi tentang cara mengatasi rayap di kusen pintu, pasti diinginkan oleh semua orang yang punya masalah dengan rayap, karena rayap dapat merusak kusen pintu dan juga pilar kayu, lemari bahkan buku-buku dan barang-barang yang disimpan di gudang. Mereka tidak peduli siapa yang memiliki dan sepenting apa barang itu karena mereka tidak peduli dan memang diciptaka Allah sebagai pemakan kayu agar kita bisa mengambil hikmahnya..

Berikut ini cara mencegah dan mengatasi rayap dengan mudah secara tradisional dan sederhana:

Air Cucian Beras
Air yang digunakan untuk mencuci beras juga dapat menghilangkan rayap meskipun bersifat sementara. Air yang dipakai adalah bekas cucian yang pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan memercikkan air tersebut di sekitar sarang rayap.

Air Kapur Sirih
Air kapur sirih sangat efektif untuk memberantas rayap. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan memercikkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau bisa juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.

Garam Dapur
Selain untuk keperluan memasak, garam juga ampuh untuk membasmi rayap. Caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garam hanya ada di permukaan sarang. Agar lebih efektif, Anda bisa mencampur garam dengan air dan tembakau. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau tuangkan di tempat-tempat di mana ada rayapnya.

Minyak Tanah
Bahan bakar yang satu ini sangat populer sebelum kehadiran bahan bakar gas. Jika Anda kesulitan mendapatkannya, maka bisa menggantinya dengan bahan lain yaitu minyak solar karena baunya mirip dengan minyak tanah. Triknya adalah dengan cara menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah diserang rayap atau sarang rayap. Agar lebih manjur, juga bisa ditambahkan minyak serai sebagai pengaduk minyak tanah.

Tembakau
Tembakau biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya ditemukan di rumput atau furnitur furnitur seperti kursi, sofa atau kasur dan untuk mengusir rayap. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurnya dan air lalu kemudian didiamkan satu malam agar sari tembakauu sepenuhnya keluar. Kemudian semprotkan air campuran itu pada kayu kusen yang diserang atau juga langsung ke sarang rayap.

Umpan rayap
Umpan rayap dipasang di jalur rayap aktif. Jika ada beberapa jalur rayap maka dipilih rayap yang paling aktif / paling banyak. Umpan yang disimpan harus dipantau setiap 2 minggu sampai rayap kabur sepenuhnya. Biasanya 3 - 6 bulan.

Itulah cara praktis menghilangkan, membasmi, mengusir rayap tanah secara alami di kusen pintu atau juga di tembok, plafon rumah dengan obat pembasmi rayap semprot yang alami. Semoga membantu.

Sumber :
http://tipsumang.blogspot.co.id/2016/08/cara-tepat-usir-rayap-di-kusen-rumah.html
https://jasa-antirayap1.blogspot.co.id/2015/05/cara-mengatasi-rayap-di-kusen-pintu.html


Tag : mengatasi rayap, rayap
Back To Top