Cara Membasmi Rayap pada Tanaman


Di rumah-rumah, rayap dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada struktur bangunan, tetapi di alam mereka menjadi hewan yang penting. Rayap dapat membantu mendaur ulang bahan tanaman kayu, dan juga membuat terowongan secara agresif melalui tanah, membuatya menjadi keropos tapi memberikan nutrisi.

Ketika serangga ini muncul di tanaman pada pot misalnya, maka penting untuk mempertimbangkan di mana pot itu disimpan agar rayap pindah, sebelum memilih opsi cara membasmi rayap pada tanaman.

Rayap, merupakan serangga kecil berwarna putih, kecokelatan, keabu-abuan, coklat atau hitam, hidup di koloni besar di bawah tanah atau di dalam dinding, tiang listrik atau pohon. Anda mungkin bingung membedakan serangga pemakan kayu ini dengan semut terbang.

Yang jelas, rayap tidak memiliki pinggang yang sempit dan tegas. Seperti halnya semut terbang, rayap memiliki dua pasang sayap, tetapi sayap rayap semuanya memiliki panjang yang sama.

Ketika cuaca kering, rayap mencari tanaman pot untuk mendapat kelembaban. Dalam keadaan terbatas ini, hama ini dapat memakan akar tanaman. Namun, rayap umumnya tidak berbahaya bagi tanaman non-kayu. Rayap yang telah tinggal di perkebunan kayu, mungkin akan hidup di sana.

Tanaman pot yang berisiko terkena kerusakan rayap adalah yang bersentuhan langsung dengan tanah. Kebanyakan rayap akan memasuki pot ini dari bawah. Kelembapan dari pot menjadi bocor ke dalam tanah sehingga menarik banyak jenis rayap, terutama selama puncak musim panas.

Pindahkan tanaman pot yang tidak terinfeksi ke teras semen atau taman batu dengan beberapa inci batu atau pasir di antara dasar pot dan tanah. Bahkan menempatkan tanaman pot di atas batu bata atau blok semen pun dapat mencegah rayap menerobosnya.

Sebelum merawat tanaman pot dari rayap, pastikan bahwa masalah Anda adalah rayap dan bukan semut. Meskipun banyak perawatan kimiawi akan membunuh kedua hama tersebut, semut mungkin mengindikasikan ahwa tanaman Anda memiliki masalah hama lain yang perlu diatasi.

Jika tanaman Anda berada di pot yang lebih kecil, merendamnya dalam sebuah larutan yang terdiri dari 2 sendok makan sabun insektisida per 1 liter air selama 20 menit, akan membunuh rayap dan semut, tanpa merusak tanaman Anda.


Cara Membasmi Rayap pada Tanaman


Tanaman pot yang lebih besar mungkin memerlukan perawatan tanah dengan imidacloprid, asalkan tanaman tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk makanan. Anda harus benar-benar mengosongkan dan mengeringkan penanam kayu atau serat sehingga Anda dapat memeriksa dengan seksama tingkat kerusakan rayap.

Kayu yang rusak perlu disuntikkan imidacloprid atau fipronil atau difumigasi secara profesional sebelum Anda memperbaikinya. Dalam banyak kasus, lebih baik mengganti pot kayu dengan pot yang terbuat dari plastik, terra cotta atau semen.

Lalu bagaimana kalau rayap menyerang tanaman selain di pot ? Misalnya tanaman perkebunan. Membasminya adalah bisa dengan cara menyemprotkan insektisida. Beberapa jenis insektisida kimia yang ampuh untuk mengendalikan hama rayap antara lain curater, regent, furadan, dan insektisida berbahan aktif imidakloprid misalnya Confidor, Caleb Tsan, Winder, Klopindo, Imidor, Topdor atau Kimida.

Selain memakai zat kimia, bisa juga dengan menggunakan umpan. Umpan yang digunakan adalah gulungan kertas tisu yang telah dicelupkan ke dalam larutan hexalflumoran. Umpan tersebut kemudian diletakkan dalam perangkap yang ditanam di dalam tanah dan ditempatkan pada titik-titik jalur lalu lalang rayap atau dekat sarang rayap. Rayap yang sudah terkontaminasi zat itu tidak langsung mati akan tetapi menyebarkannya kepada rayap lain.

Atau Anda bisa juga menggunakan jamur jenis patogen seperti Aspergillus sp., Fusarium sp, Metarhizium anisopliae, serta Myrothesium sp dan Beauveria bassiana yang merupakan pembasmi alami yang cukup ampuh.

Cukup disemprotkan di lahan pertanian, maka koloni rayap akan mati. Hal ini dikarenakan sifat kanibalisme pada rayap sehingga lebih mudah membasmi rayap dengan cara infeksi jamur.

Jika seandainya Anda bingung, mengingat lahan yang terkena rayap cukup luas, maka percayakan saja kepada jasa pembasmi rayap. Tentu saja pekerjaan akan lebih cepat tertangani dengan baik sehingga, ribuan tanaman bisa terselamatkan.

Memang butuh biaya, tapi kan biaya yang keluar jauh lebih kecil jika dibandigkan dengan keuntungan yang akan didapat nantinya.

Demikianlah sekilas info tentang cara praktis mengusir atau membasmi rayap tanaman secara alami dan kimiawi menggunakan obat anti rayap dan trik lainnya.

Sumber :
https://homeguides.sfgate.com/termites-potted-plants-64474.html


Tag : membasmi rayap
Back To Top