Penyebab Rayap


Apa sih sebetulnya penyebab rayap muncul ? Rayap seringkali menjadi musuh para penggemar furnitur yang terbuat dari kayu. Bagaimana tidak, seringkali furnitur kayu seperti meja, kursi, dipan dan bahkan kerangka rumah rusak karena dimakan rayap terutama ketika musim hujan dimana rayap menjadi lebih agresif dan memakan kayu di dalam rumah.

Mungkin Anda telah mencoba memberantas rayap tetapi tidak ada hasil maksimal. Anda dapat menggunakan layanan pengendalian hama untuk mengatasi rayap yang membandel.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa rayap bisa masuk ke dalam rumah. Pertama, mungkin tanah yang digunakan sebagai rumah dulunya merupakan kebon yang memiliki tanah subur dan gembur di mana rayap menyukai tanah itu.

Kemudian karena musim hujan, kelembaban tanah naik dan membuat tanah lebih gembur dari biasanya. Rayap juga harus diberantas karena jika tidak diberantas, rumah pada akhirnya akan rusak. Selain itu, jika kulit digigit oleh rayap, bisa menjadi ruam atau memar yang berbahaya bagi kulit.

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan pembasmi rayap alternatif termasuk menggunakan minyak tanah. Caranya sangat mudah, Anda cukup menyemprotkan minyak tanah di sarang rayap atau tempat rayap biasanya muncul dari tanah.

Metode ini cukup efektif. Kemudian Anda juga dapat menggunakan tembakau, tembakau biasanya digunakan untuk membunuh tungau tetapi juga dapat digunakan untuk membunuh rayap. Caranya adalah dengan merendam tembakau dengan air selama satu malam, kemudian keesokan harinya air tembakau disemprotkan ke sarang rayap.

Anda juga bisa menggunakan garam. Anda dapat menaburkan bubuk garam halus di tempat rayap yang biasanya muncul tetapi metode ini tidak efektif karena hanya mencapai permukaan. Anda dapat mencampur garam dan air sehingga dapat meresap di tanah dan sekitar sarang rayap.

Anda dapat menggunakan air kapur sirih untuk memberantas rayap karena air kapur sirih sangat berat bagi kulit sehingga Anda cukup menyemprotkan bagian kayu yang terkena rayap.

Sementara menurut Rumah Lia, ada 4 penyebab mengapa rayap datang ke rumah.

Rumah yang kurang terawat
Salah satu penyebab utama munculnya rayap di rumah Anda adalah karena Anda tidak menjaga kebersihan rumah Anda. Rumah memang dituntut untuk selalu bersih agar terhindar dari berbagai gangguan, baik berupa hewan maupun penyakit.

Namun, ketika rumah kurang bersih, dapat menyebabkan banyak hewan atau penyakit datang. Salah satu masalah yang disebabkan oleh kondisi rumah yang kurang bersih adalah kemunculan tiba-tiba rayap yang biasanya akan langsung membuat sarang di tempat-tempat yang jarang Anda bersihkan seperti dapur.

Pertama kali rayap akan membuat sarang yang menyerupai terowongan dan seiring waktu akan menjadi lebih panjang. Jika Anda mebiarkannya, maka rayap kemudian akan mulai menyerang kayu di rumah Anda sehingga akan membuat atau meninggalkan lubang di beberapa titik kayu. Karena itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan rumah Anda agar bebas dari gangguan apa pun.

Penyebab Rayap

Kayu berkualitas buruk
Alasan kedua yang harus Anda pahami adalah karena sebelum Anda membeli kayu untuk bahan rumah Anda dengan harga murah. Sekarang banyak jenis rumah menggunakan kayu sebagai bahan utama untuk membangun rumah mereka, tetapi kadang-kadang penghuni rumah tidak menyadari bahwa kualitas kayu yang digunakan untuk membangun rumah akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan penghuni rumah.

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda berencana memiliki rumah klasik yang menggunakan kayu sebagai bahan utama di rumah Anda seperti rumah yang digunakan pada zaman dahulu. Tetapi Anda juga harus memperhatikan bahwa kayu yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah harus dari kayu yang berkualitas baik.

Jika kayu Anda berkualitas baik, tidak ada rayap yang akan mengganggu atau memakan kayu di rumah Anda sehingga keamanan dan kenyamanan Anda akan terjamin.

Suhu yang dingin
Mungkin Anda sudah tahu bahwa rayap terbang hanya akan muncul ketika suhu di sekitar Anda dingin dan memang umumnya terjadi di musim hujan. Ini kemudian membuat banyak ngengat datang ke rumah Anda yang akan semakin lama seiring dengan semakin lama hujan yang menghantam daerah Anda.

Tentu saja kedatangan rayap ini akan sangat mengganggu karena biasanya akan berkeliling di tempat-tempat yang memiliki lampu terang seperti ruang tamu atau kamar tidur. Dan hal yang paling menyebalkan adalah ketika ngengat datang dan kemudian mati di kamar mandi dengan memasukkan diri ke bak mandi.

Kondisi ini tentu saja akan membuat Anda tidak hanya marah, tetapi Anda ingin segera mengeluarkan semua rayap. Yang harus Anda lakukan adalah menjebaknya seperti memasang wadah berisi air atau mematikan lampu di rumah Anda untuk sementara waktu.

Tanah subur
Untuk penyebab yang satu ini, mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa tanah yang subur dan gembur adalah habitat atau tempat yang paling disukai oleh rayap. Jika di masa lalu rumah Anda adalah taman atau tempat yang memiliki kondisi tanah subur dan gembur, dan ketika Anda membangun rumah di atasnya, Anda menemukan banyak rayap, maka ini disebabkan oleh kondisi tanah itu sendiri.

Rayap benar-benar menyukai tanah yang gembur dan subur karena akan membantu mereka dalam proses pemuliaan sehingga Anda tidak heran jika ada begitu banyak sarang rayap di tanah atau tempat-tempat dengan kondisi subur dan tanah gembur.

Karena itu, sebelum Anda membangun rumah, Anda harus memastikan bahwa tanah rumah Anda tidak lagi subur sehingga ketika dibangun, tidak akan ada rayap yang mengganggu dan menggerogoti kayu atau perabot rumah tangga Anda yang terbuat dari kayu.

Demikianlah beberapa penyebab rayap muncul di sekitar rumah kita. Entah itu jenis rayap kayu kering atau yang lainnya yang ada di rumah, yang jelas kita butuh cara praktis mengusir rayap atau cara menghilangkan rayap di tembok, furnitur dan lainnya. Mungkin bisa dengan cara membuat umpan rayap atau memakai obat anti rayap kusen kayu bahkan bisa juga dengan cara membasmi rayap dengan solar, jika yang tersedianya cuma solar.


Tag : penyebab rayap
Back To Top